Cari Blog Ini

Selasa, 07 November 2023

Tunda Cabut Gigi Pada Penderita Hipertensi

 

Masalah kesehatan gigi banyak ditemui dimasyarakat. Masalah gigi yang paling banyak di masyarakat yaitu masalah gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan masalah yang paling sering terjadi pada masyarakat. Gigi yang berlubang dan sudah tidak dapat dipertahankan biasanya dilakukan tindakan pencabutan.

Pencabutan gigi merupakan suatu prosedur pengangkatan gigi beserta akarnya dari dalam soket tulang alveolaris menggunakan tang, elevator ataupun dengan pendekatan transalveolar (pembedahan). Sebelum dilakukan pengangkatan gigi, dapat diberi anastesi lokal yang terdiri dari lidokain yang dicampur dengan epinefrin pada lokasi yang akan dilakukan tindakan. Terdapat dua teknik pencabutan gigi yaitu, teknik sederhana dan teknik pembedahan. 

Pada penderita hipertensi perlu berhati-hati ketika melakukan prosedur cabut gigi. Pasalnya, obat bius atau anestesi yang digunakan pada prosedur cabut gigi bisa menyebabkan pendarahan pada penderita tekanan darah tinggi. Proses pencabutan gigi ini juga bisa memicu terjadinya peningkatan tekanan darah, dimana ada 3 hal yang menyebabkan peningkatan tekanan darah: kecemasan saat akan dilakukan pencabutan gigi, proses pencabutan gigi yang akan menyebabkan nyeri dan merangsang sistem saraf simpatis yang mengatur tekanan darah (persarafan ini lebih sensitif untuk menaikkan tekanan darah pada mereka yang memang memiliki riwayat penyakit hipertensi), dan juga disebabkan karena penggunaan proses pembiusan gigi (obat bius yang digunakan untuk mencabut gigi). Jika penderita hipertensi mengalami peningkatan tekanan darah berlebihan, maka resiko untuk mengalami kejadian stroke akan meningkat.

Efek samping prosedur cabut gigi untuk penderita tekanan darah tinggi ini lebih berbahaya karena bisa menyebabkan perubahan kardiovaskular, seperti:

1. Meningkatkan tekanan darah 

2. Meningkatkan risiko angina atau angin duduk

3. Menyebabkan serangan jantung Menyebabkan perubahan ritme denyut jantung atau aritmia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tunda Cabut Gigi Pada Penderita Hipertensi

  Masalah kesehatan gigi banyak ditemui dimasyarakat. Masalah gigi yang paling banyak di masyarakat yaitu masalah gigi berlubang. Gigi berlu...