Cari Blog Ini

Selasa, 07 November 2023

Penyakit Gigi Pada Penderita Diabetes Melitus

 

Menurut WHO, Diabetes Melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein sebagai akibat dari insufisiensi fungsi insulin.

Penyebab Diabetes Melitus

  1. Faktor Genetik. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa risiko seorang anak terkena penyakit diabetes akan lebih besar ketika ibunya juga memiliki penyakit ini. Jika kedua orangtuanya memiliki diabetes, risiko anak mengalami diabetes setelah dewasa bahkan bisa mencapai 50 persen.
  2. Konsumsi Makanan Tinggi Gula. Pola makan tinggi gula juga dapat berdampak pada banyak masalah kesehatan lainnya, seperti kenaikan berat badan yang berujung pada obesitas. Banyak penelitian bahkan telah membuktikan bahwa pola makan tinggi gula merupakan faktor risiko diabetes dan obesitas yang paling utama.
  3. Pola Hidup. Pola hidup yang tidak sehat seperti malas gerak, konsumsi makanan tinggi gula, merokok,dan alkohol dapat menjadikan resiko terjadinya diabetes lebih besar, maka harus diimbangi dengan olahraga.

Penyakit Rongga Mulut Pada Penderita Diabetes Melitus

  1. Mulut kering (xerostomia), yaitu penurunan air liur, sehingga mulut terasakering. Air liur memiliki efek self cleansing, dimana alirannnya dapatberfungsi sebagai pembilas sisa-sisa makanan dan kotoran dari dalam mulut,jadi jika aliran air liur menurun maka akan menyebabkan rasa tidak nyaman,rentan terjadi infeksi di rongga mulut.
  2. Gigi berlubang, pada pasien DM produksi air ludah akan berkurang sehingga makanan akan banyak melekat pada permukaan gigi, dan jika tidak langsung dibersihkan maka keasaman di dalam mulut akan menurun sehingga dapat menyebabkan lubang pada gigi.
  3. Karang gigi, pada penderita DM terjadi peningkatan jumlah kalsium pada air ludah. Sehingga mengakibatkan meningkatnya deposit atau sisa makanan pada permukaan gigi, yang jika tidak dibersihkan akan menjadi plak dan semakin mengeras membentuk karang gigi.
  4. Radang gusi (gingivitis) dan periodontitis, adalah radang gusi dimana gusi terlihat kemerahan disertai pembengkakan dan bila sikat gigi akan berdarah. Radang gusi akan menimbulkan kehilangan perlekatan antara gigi dan tulang sehingga gigi goyang dan akhirnya tanggal
  5. Luka sukar sembuh, DM yang tidak terkontrol membuat penyembuhan luka menjadi lebih lama dan lebih sulit untuk sembuh daripada orang normal, karena adanya gangguan aliran darah ke tempat terjadinya luka.

Pencegahan 

  1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut
  2. Menggosok gigi secara teratur
  3. Rutin control kadar gula darah
  4. Periksa rutin ke dokter gigi
  5. Pembersihan karang gigi namun kadar gula atau glukosa harus kurang dari 200
  6. Penambalan gigi sehingga infeksi bakteri tidak berkembang semakin dalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tunda Cabut Gigi Pada Penderita Hipertensi

  Masalah kesehatan gigi banyak ditemui dimasyarakat. Masalah gigi yang paling banyak di masyarakat yaitu masalah gigi berlubang. Gigi berlu...